Bukti Unik Negara Bosnia

Bukti Unik Negara Bosnia

Bukti Unik Negara Bosnia – Biasanya masyarakat sipil, tercerai-berai dan menebar ke seantero Eropa dan Amerika Serikat.

Meneruskan hidup masing-masing dengan terseok-seok. Mereka pahami: hidup perlu terus jalan walau tidak pernah sama kembali

Bukti Unik Bosnia dan Herzegovina, Negara yang Merdeka pada 1 Maret

Bosnia-Herzegovina, atau yang secara tidak resmi disebutkan Bosnia, ialah sebuah negara di Semenanjung Balkan, Eropa Tenggara. Daerahnya bersebelahan langsung dengan Kroasia di utara, barat, dan selatan; Serbia di timur; dan Montenegro di tenggara.

Baca Juga: Road Trip di Australia

Daerah ini lama mempunyai keberagaman etnis dan agama. Tiga yang paling besar ialah Bosniak (etnis Bosnia yang biasanya beragama Islam), Serb (etnis Serbia), dan Kroat (etnis Kroasia). Bersamaan ketidakberhasilan Republik Sosialis Federasi Yugoslavia, Bosnia-Herzegovina mengikut semenjak Slovenia dan Kroasia yang pisahkan diri di tahun 1991.

Setiap etnis memiliki tempat politik yang bergabung dalam pemerintahan (juara penyeleksian umum 1990) Bosnia-Herzegovina. Tetapi, semenjak 1991, konsolidasi itu mulai rontok dan setiap etnis pilih perjuangkan kebutuhan semasing.

Sekitar 99,7 % pemilih inginkan Bosnia-Herzegovina jadi negara berdaulat. Pemerintahan Bosnia-Herzegovina umumkan kemerdekaan 2 hari setelah itu. Pada 6 April 1992, pernyataan internasional banyak muncul, dan negara itu jadi anggota PBB pada 22 Mei 1992.

Tapi beberapa orang Bosnia beretnis Serb menampik kemerdekaan itu. Dalam referendum, nyaris tidak ada orang Serb yang memberi suara. Pasukan paramiliter Serb Bosnia serang kota Sarajevo, dan pasukan Serbia dari tentara Yugoslavia selekasnya ikut serta pada pihak mereka.

Beberapa kota dengan komunitas Bosniak yang besar seperti Zvornik, Foca dan Visegard jadi target khusus serangan pasukan kombinasi itu. Peristiwa ini umum dilukiskan sebagai usaha pembersihan etnis Bosniak oleh beberapa orang Serb. Seputar enam minggu sesudah gempuran diawali, pasukan penyerbu sudah kuasai seputar dua pertiga daerah Bosnia.

Di Eropa samping timur, ada sebuah negara yang namanya Bosnia dan Herzegovina. Negara ini sah mengatakan kemerdekaannya pada 1 Maret 1992. Tahun ini, negara itu sudah rayakan kemerdekaannya yang ke-29 tahun.

Negara yang mempunyai ibukota Sarajevo ini bersebelahan langsung dengan Montenegro, Serbia, dan Kroasia.

Untuk kamu yang ingin ketahui selanjutnya mengenai negara ini, berikut lima bukti unik Bosnia dan Herzegovina yang perlu kamu kenali.

Ada patung Bruce Lee di negara ini Bukti Unik Negara Bosnia

Pada bagian selatan negara Bosnia, ada sebuah kota yang namanya Mostar. Di kota itu ada sebuah patung yang berupa artis terkenal Bruce Lee. Patung ini memiliki tinggi yang serupa dengan manusia biasanya, yakni 1,68 mtr..

Patung ini sebagai lambang perlawanan pada pemecahan antar etnik di kota itu. Dalam sejarahnya, ada suku Serbs, Croats, dan Bosnians yang sama-sama terpecah iris di kota ini. Bruce Lee diputuskan jadi lambang perlawanan karena dipercaya bisa menjadikan satu pemecahan yang terjadi.

Negara ini tidak memiliki bahasa sah

Bosnia dan Herzegovina sebagai satu dari demikian negara yang tidak memiliki bahasa sah. Secara de jure konstitusi di negara itu, tidak ada bahasa sah yang harus dipakai. Tetapi, secara de facto warga Bosnia dan Herzegovina bisa memakai bahasa Bosnia, bahasa Serbia, sampai bahasa Kroasia.

Memang, ke-3 bahasa itu sebagai bahasa yang tersering dipakai oleh warga di situ. Hal itu tidak terlepas dari keanekaragaman etnis di negara itu.

Bukti Unik Negara Bosnia dan Herzegovina memiliki piramida paling tua di dunia

Di samping utara negara ini, ada sebuah kota yang namanya Sarajevo. Kota ini rupanya mempunyai sebuah bukit-bukit sebagai permukiman masyarakat di situ. Tetapi, rupanya teritori itu bukan sebuah bukit-bukit. Teritori ini sebagai piramida yang sudah berevolusi semenjak 30 ribu tahun kemarin.

Hal itu jadikan teritori ini jadi piramida paling tua di dunia. Sebagai info, piramida ini memiliki ketinggian sampai 213 mtr., lho.

Warga di situ lakukan adat tembakkan senjata api ke udara untuk rayakan peristiwa penting

Negara ini tentunya mempunyai tradisi-tradisi yang dilaksanakan oleh warga di situ untuk rayakan beberapa acara besar. Salah satunya adat yang terkenal di negara ini adalah tembakkan senjata api ke udara untuk rayakan pernikahan atau kelahiran bayi. Terkadang, adat itu dilaksanakan saat perayaan tahun baru.

Walau demikian, di saat ini, adat itu mulai terbatasi oleh pemerintahan di tempat. Hal itu dilaksanakan untuk meminimalkan beberapa hal yang tidak diharapkan. Untuk warga yang kedapatan mempunyai senjata api ilegal, mereka akan terlilit kasus hukum yang bisa memenjarakan si pemilik.

Ada mushola pertama di dunia yang menggunakan listrik

Sejumlah besar warga Bosnia dan Herzegovina sebagai pengikut agama Islam. Tidaklah aneh, bila ada banyak mushola di negara itu. Pada era ke-16, dibuat sebuah mushola yang namanya Gazi Husrev-bey di Kota Sarajevo.

Di tahun 1898, mushola ini jadi mushola pertama di dunia yang menggunakan saluran listrik untuk pengoperasiannya. Mushola itu sebagai salah satunya simbol dan kebanggaan untuk warga Bosnia dan Herzegovina.

Nach, itu ia lima bukti unik dari negara Bosnia dan Herzegovina yang sudah rayakan kemerdekaannya. Selamat rayakan kemerdekaan untuk warga Bosnia dan Herzegovina.

Film Menceritakan Berkenaan Kejamnya Perang Bosnia

Perang Bosnia sebagai salah satunya perselisihan besar yang terjadi di Eropa Timur di tahun 90an, persisnya diawali di tahun 1992. Perselisihan yang didorong oleh bentrokan ras dan agama ini yang membuat Yugoslavia pecah jadi beberapa negara, di mana pimpinan Yugoslavia berawal dari ras Serbia.

Perang ini memunculkan beberapa korban baik dari faksi Bosnia dan Kroasia atau faksi Serbia, dan berjalan lebih dari tiga tahun. Selain itu, ada banyak kejahatan genosida yang dilaksanakan kepada pihak Bosnia, yang membuat perselisihan ini benar-benar panas.

Tentunya untuk kalian yang berminat untuk melihat bagaimana kerasnya perang ini, tidak ada kelirunya untuk melihat beberapa film di bawah ini.

  1. Behind Enemy Lines (2001)

Behind Enemy Lines sebagai film yang berdasar cerita riil dari pejuang Tentara AL AS, yang ditugaskan dalam Perang Bosnia, namanya Lieutenant Chris Burnett. Film ini bercerita mengenai Lieutenant Chris Burnett yang mana pesawatnya ditembak jatuh di Bosnia, pas di tempat yang terkuasai oleh tentara Serbia dan jadi saksi riil genosida yang terjadi di Bosnia.

Film Behind Enemy Lines telah di-launching pada 30 November 2001 dan dimainkan oleh artis berpengalaman asal AS, yaitu Owen Wilson dan Gene Hackman.

  1. The Whistleblower (2011)

The Whistleblower memberi cerita berkenaan seorang anggota kepolisian asal Nebraska, AS namanya Kathryn Bolkovac yang ditugaskan dalam visi perdamaian PBB, saat Perang Bosnia.

Selanjutnya dia mendapati bermacam sindikat perdagangan seks, yang malah didiamkan oleh faksi petugas PBB yang ditaruh di Bosnia dan Herzegovina. Film berjenis action, crime ini telah dikeluarkan oada tanggal 14 Desember 2011, yang mendatangkan artis populer asal AS, Rachel Weisz dan Monica Bellucci.

  1. Twice Born (2012)

Twice Born (Venuto al Mondo) jadi salah satunya film yang berdasar Perang Bosnia, yang sudah dikeluarkan pada tanggal 8 November 2012. Film asal Italia ini mempunyai cerita dari novel yang dicatat oleh Margaret Mazzantini, dengan judul yang serupa. Cerita film ini berkenaan seorang wanita bergonta-ganti pasangan yang berpindah ke Sarajevo bersama anak remajanya dan usaha memberitahukan bila ayahnya jadi salah satunya korban meninggal pada Perang Bosnia.

  1. As If I’m Not There (2010)

As If I’m Not There ialah film yang memakai bahasa Serbia dan Kroasia dan telah di-launching pada 26 Juli 2010. Film yang lakukan proses ambil gambar di Balkan ini mengadopsi narasi dari novel cerita Slavenka Drakulić, yang sudah diedarkan di tahun 1999, berkenaan kekejaman seksual saat Perang Bosnia yang berjalan tahun 1992. Disamping itu film ini sanggup raih penghargaan sebagai Best Foreign Film dalam 84th Academy Awards tahun 2011.

  1. The Hunting Party (2007)

Paling akhir ada The Hunting Party yang memberi cerita riil dari wartawan asal AS, namanya Simon Hunt yang mengulas langsung Perang Bosnia di tahun 1994. Dia yang bersama seorang cameramen andal harus menjumpai bermacam halangan untuk ambil gambar, dan melihat kejahatan perang yang terjadi di situ. Film ini diperankan oleh Richard Gere dan Terrence Howard, dan telah dikeluarkan pada tanggal 7 September 2007.

Hmm, dapat buat marathon movie akhir minggu nih!