Ingin Road Trip Luar Negeri

Ingin Road Trip Luar Negeri

Ingin Road Trip Luar Negeri – Tanpa SIM Internasional atau yang dikenali sebagai International Driving Permit (IDP).

Menyopir di luar negeri dipandang haram hukumnya alias ilegal. Jika kedapatan, kamu tidak hanya dapat terkena denda, tetapi juga mencelakakan seseorang atau diri kamu sendiri.

Ingin Road Trip Luar Negeri? Membuat SIM Internasional, Ditanggung Gampang

Walaupun mempunyai manfaat yang serupa seperti SIM (Surat Ijin Berkendara) biasanya, SIM Internasional kenyataannya punyai wujud yang lain. Memiliki bentuk bukan kartu seperti SIM yang umum kamu punyai, tetapi berupa kertas lipatan serupa seperti buku.

Baca Juga: Festival Indonesia Rekreasi dan Produk Wilayah

Langkah pembikinannya juga tidak serupa. Untuk dapat memperoleh SIM lokal, kamu umumnya perlu mengikut ujian teori dan praktek. Tetapi, untuk SIM Internasional, kamu cukup memberikan document yang diperlukan, terhitung SIM lokal.

Adanya SIM lokal sebagai document pengantar, kamu dipandang telah lulus test menyopir, baik secara teori atau praktek. Tanpa SIM lokal, keinginan SIM Internasional kamu tidak diwujudkan.

Merujuk Ketentuan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 pada pasal 51 ayat 1 dijelaskan penerbitan SIM Internasional bisa dilaksanakan di Satpas (Unit Pelaksana Administrasi SIM) Korlantas atau Polda. Salah satunya tempat pembikinannya ialah Korlantas Pancoran.

Saat di luar negeri sesungguhnya SIM Internasional harus dibarengi SIM lokal,” terang Kompol Fahri ke kumparan, Kamis (4/7/2019).

Pengerjaan SIM Internasional termasuk cepat dan mudah. Salah seorang pemakai Twitter namanya account @dennesbong, dalam ciutannya menjelaskan jika dia cuman perlu waktu tidak sampai 30 menit untuk mengurusi SIM Internasional kepunyaannya.

“Jam 8:45 tiba, jam 9:13 aku telah terima SIM internasional itu,” cuitnya dalam tweet yang diupload pada 15 Februari 2020 kemarin.

Cara Mudah Road Trip Dengan Mudah Di Luar Negeri

Saat dikontak kumparan, Dennes menceritakan jika ini ialah pertama kali dia membuat SIM Internasional. SIM Internasional itu gagasannya akan dia pakai untuk road trip di Turki atau Romania di tahun ini.

Untuk bikin SIM Internasional, kamu perlu lakukan register lebih dulu ke situs sah service SIM Korlantas Polri. Sesudah mendaftarkan, kamu kelak akan memperoleh e-mail berbentuk bukti registrasi, document yang harus dibawa, dan waktu membuka service, dan masa aktif bukti register online.

Jika kamu tidak sempat pernah lakukan register online, kamu dapat melakukan di Korlantas langsung. Di situ ada satu unit computer yang diutamakan untuk lakukan register.

Tidak banyak document yang perlu dipersiapkan untuk membuat SIM Internasional. Cukup bawa KTP, SIM, dan Paspor asli saja, sesuai pernyataan dalam e-mail.

“Saat daftar online, yang diminta membawa cuman yang asli saja dan saat aku datang disitu, aku bertanya balik ke petugas nya, apa perlu foto copy dan cocok photo, ucapnya tak perlu. Maka aku taruh kembali semua foto copy dan cocok photo,” tutur pria yang sekarang domisili di Filipina itu.

Photo langsung pada tempat oleh petugasnya, karena langsung di-print di helai SIM Internasionalnya,” lebih Dennes memberikan keyakinan.

Lalu, bagaimana jalur pembikinannya? Nach, inilah tutorial yang perlu kamu ketahui.

Saat datang di Satpas Korlantas, kamu perlu ambil nomor barisan. Selanjutnya, melengkapi semua syarat yang disuruh, isi formulir yang diperlukan untuk legitimasi, lalu berikan pada petugas saat kamu diundang.

Selanjutnya, bayar beberapa uang seperti besaran yang sudah disebut barusan di kasir administrasi. Pengerjaan SIM Internasional tidak begitu mahal. Kamu akan dikenakan biaya Rp 250 ribu untuk SIM baru, atau Rp 225 ribu untuk ekstensi, dan sudah pasti tambahan ongkos materai sejumlah Rp 6 ribu.

Cara Untuk Mendapatkan SIM di Luar Negeri

SIM Internasional berlaku sepanjang 3 tahun. Karena dibikin berdasar SIM lokal yang kamu punyai, karena itu ijin golongannya akan disamakan.

Kelompok A untuk motor, B untuk mobil berpenumpang dengan berat optimal 3.500 kg, C untuk kendaraan motor semacam truk. Kelompok D untuk kendaraan semacam bis berpenumpang, sementara kelompok E ialah penyatuan dari SIM B, C, D dan dibolehkan menarik gandengan yang tidak enteng.

SIM internasional dikelompokkan dalam bermacam kelompok

A : khusus motor (max 400kg)

B : khusus mobil penumpang (max 3.500kg)

C : semacam truk (lebih dari 3.500kg)

D : basically semacam bis penumpang

E : penyatuan sim B, C, D dan bisa menarikan gandengan yang tidak enteng

SIM Internasional punya Dennes sendiri dikelompokkan pada kendaraan kelompok A dan B. Waktu penerbitan SIM Internasional akan didasari di saat pengerjaan, dan mempunyai masa aktif sampai 3 tahun.

Pembikinannya juga dianggap Dennes benar-benar gampang dan tidak memerlukan ‘orang dalam’. Maka kamu tidak perlu cemas.

“Di Indonesia telah baik sekali, tidak ada calo atau petugas yang menyulitkan, semua benar-benar helpful sekali dan kerjanya cepat sekali,” tutur Dennes.

SIM Internasional tidak berlaku untuk semua negara, terhitung China dan Jepang. Kompol Fahri menjelaskan jika SIM Internasional hanya bisa dipakai di beberapa negara yang telah meratifikasi Pakta Jenewa.

“Hasil persetujuan Annexe 7 berkenaan wujud SIM Internasional dalam Vienna Convention on Road Trafik tahun 1968–,” tandas Fahri.

Persyaratan Mengajukan SIM Internasional dari Rumah

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) awal hari ini, Rabu (1/7) sediakan service pengerjaan SIM Internasional lewat cara online. Ini bermakna pengajuannya dapat lebih gampang bahkan juga dari rumah.

Kasubdit SIM Ditregident Korlantas, Kombes Pol Singgamata menjelaskan, service baru ini sebagai wujud rekonsilasi keadaan wabah COVID-19. Sekalian peringkasan service warga.

Selanjutnya proses pembikinannya dilaksanakan lewat cara online lewat situs: siminternasional.korlantas.polri.go.id. Selanjutnya siapkan document syarat pengerjaan SIM Internasional, mencakup:

  1. Photo dengan persyaratan
  • Foto terlihat 2 kancing baju
  • Warna background putih
  • Warna baju tidak putih
  • Tidak gunakan kacamata
  • Wajah menghadap camera
  1. KTP
  2. KITAP (khusus WNA)
  3. Paspor yang berlaku
  4. SIM yang berlaku
  5. Tanda-tangan di kertas putih memakai tinta hitam
  6. SIM Internasional yang berlaku (khusus ekstensi).

Selebihnya tentukan ‘Daftar’ dan isi formulir seperti perintah di dalam website itu. Tidak lupa upload soft copy dari photo, tanda-tangan, SIM, KTP, KITAP (khusus WNA), dan paspor.

Lalu tentukan langkah pengangkutan Buku SIM Internasional berikut biaya kirimnya. Terang Singgamata, kecuali dikirimkan, SIM dapat diambil di Satpas Korlantas Polri di Pancoran, Jakarta Selatan. “Ya, karakternya opsional,” jelasnya.

Selanjutnya isi data rekening, ini dipakai untuk pengembalian dana penerbitan SIM bila data pemohon tidak tepat.

Seterusnya pemohon terima nomor account virtual buat pembayaran penerbitan SIM yang punyai masa aktif 3 tahun itu. Selebihnya verifikasi pembayaran akan masuk di e-mail.

Ongkos pengerjaan SIM Internasional baru ialah Rp 250 ribu dan ekstensi Rp 225 ribu, berdasar PP Nomor 60 Tahun 2016 mengenai tipe dan biaya atas tipe akseptasi negara bukan pajak yang berjalan pada Polri.

Sesudah membayar, pemohon kembali memperoleh nomor register lewat surat elektronik yang berisi bukti register. Seterusnya Buku SIM Internasional dikirim ke alamat yang telah didaftarkan memakai layanan pengangkutan.

Pada situs itu ada juga menu opsi Check Status Buku SIM Internasional. Tinggal saran nomor register yang didapatkan untuk ketahui sampai mana proses pengerjaan atau pengangkutan SIM.